Enovix Dapat Mengisi Ulang Cepat

Enovix Dapat Mengisi Ulang Cepat
Baterai Enovix 3D Silicon Lithium-ion

Beritaken.com – Lupakan menghabiskan berjam-jam di stasiun pengisian daya, Enovix dapat mengisi ulang cepat Baterai Lithium-Ion Silikon 3D dalam waktu kurang dari 10 menit. Baterai Enovix 3D Silicon Lithium-ion mampu mengambil sel uji Kendaraan Listrik (EV) 0,27 Ah dari keadaan pengisian 0-80% hanya dalam 5,2 menit dan mencapai lebih besar dari Kapasitas pengisian 98% dalam waktu kurang dari 10 menit.

Enovix mengembangkan sel lithium-ion silikon 3D dengan arsitektur baru dan sistem kendala yang menggunakan anoda silikon aktif 100%. Dimana kebanyakan baterai Li-on saat ini menggunakan anoda grafit, anoda silikon secara teoritis dapat menyimpan lebih dari dua kali lipat lithium (1.800mAh/cc dibandingkan dengan 800mAh/cc untuk grafit).

Baterai Enovix 3D Silicon Lithium-ion
Baterai Enovix 3D Silicon Lithium-ion

Anoda silikon bukannya tanpa masalah, tetapi Evonix mengklaim telah mengatasi empat tantangan teknis besar: mencegah pembengkakan baterai pengisian pertama, efisiensi pengisian pertama, pembengkakan karena pengisian ulang berulang, dan masa pakai yang singkat. Enovix menggunakan sistem pembatasan baja tahan karat untuk membatasi pembengkakan baterai, proses “pra-litiasi” untuk efisiensi pengisian pertama, dan baterainya telah melampaui 1.000 siklus sambil mempertahankan kapasitas 93%.

“Kemampuan pengisian cepat dapat mempercepat adopsi massal EV dan kami telah mampu menunjukkan tingkat kinerja yang memenuhi dan melampaui banyak peta jalan OEM. Pabrikan EV mengejar baterai yang mendukung jangkauan yang lebih jauh, sementara sektor publik dan swasta bekerja untuk meningkatkan akses pengemudi EV ke pengisi daya cepat, ”kata Harrold Rust, Co-Founder, CEO dan Presiden Enovix.

Selain baterai EV, Enovix berencana untuk menawarkan baterai lithium-ion silikon 3D untuk smartphone, laptop, dan perangkat yang dapat dikenakan. Mengenai kapan mereka akan tersedia, Enovix mengatakan akan meningkatkan produksi tahun ini dan merencanakan beberapa fasilitas manufaktur. Fab-1 berlokasi di Freemont, California di mana perusahaan tersebut berbasis.

“Arsitektur unik kami memungkinkan baterai yang tidak hanya mengisi daya dalam waktu kurang dari 10 menit, tetapi juga mempertahankan siklus hidup yang tinggi,” jelas Ashok Lahiri, salah satu pendiri dan CTO Enovix. “Kami dapat meningkatkan kinerja baterai hari ini menggunakan bahan kimia yang sama, tetapi yang lebih penting, kami dapat mempercepat peta jalan industri.”

Lahiri memberikan pidato di Konferensi Baterai Otomotif Lanjutan Internasional (AABC) ke-12 di Jerman hari ini dan telah membagikan slidenya sebagai PDF untuk siapa saja yang tertarik dengan teknologi di balik baterai perusahaannya.

Sumber: www.pcmag.com

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *